Rabu, 23 Desember 2015

Pengalaman Seru Mendesain Custom T-Shirt di Utees.me

Salah satu hal yang saya pelajari saat kuliah komunikasi dulu adalah bahwa apa yang kita pakai mengkomunikasikan sesuatu tentang diri kita pada orang lain. You are what you wear.
 Sebagai contoh, pemilihan warna pakaian menunjukkan kepribadian kita. Warna-warna terang seperti merah, kuning, dan oranye biasa dipakai oleh para Sanguinis yang ceria. Sementara warna-warna gelap dan kalem biasanya dipilih oleh para Pleghmatis yang kurang suka menonjolkan diri.

Begitu pula soal model pakaian. T-Shirt atau kaos yang biasanya dipakai dalam suasana santai, menjadi salah satu fashion item yang paling sering menjadi media komunikasi melalui desainnya.

Itulah mengapa saya jarang membeli kaos di toko. Terutama karena saya merasa design kaos itu harus "gw banget". Kalau menampilkan gambar, saya harus mengerti maknanya. Kalau menampilkan kata-kata, harus terbaca dengan baik dan menggerakkan emosi *tsah. Apakah itu akan membuat orang lain tertawa, tersenyum, bahkan mikir.

Kebanyakan kaos yang saya punya adalah hasil mengikuti organisasi atau event jaman mahasiswa. Tahu kan, biasanya organisasi suka produksi kaos untuk anggotanya? Begitu juga saat ada event. Panitia atau peserta ada kaos seragamnya.

Kalau desainnya bagus dan bahannya nyaman, sering saya pakai dalam berbagai kesempatan. Sementara kalau desian kaosnya kurang oke, ya lebih sering teronggok di lemari.

Saya dulu pernah pengeeeeeen banget design T-Shirt sendiri. Memang saya ga mahir Corel Draw apalagi Photoshop makanya ga pernah dapat kesempatan mendesain kaos organisasi atau event. Tapi kan kaos custom itu ga melulu harus berisi gambar kan? Bisa kata-kata juga. Sayangnya dulu ga ada fasilitas untuk print kaos satuan. Pernah sih, denger-denger ada. Tapi lokasinya di luar kota dan gak berbasis online. Jadi saya pun mengubur keinginan itu dalam-dalam.

Kebayang gak sih betapa excited-nya saya saat baru-baru ini tahu Utees.me? Saya suka bagaimana Utees.me mendeskripsikan diri dalam twitternya @Uteesme:  


Utees.me is an online t-shirt playground where everyone can design, print, and share their t-shirt ideas with the world.

Jadi di Utees.me ini kita bisa desain dan print T-Shirt sendiri! Yeay!
Kenapa gak dari dulu sih Utees.me ada? (Ga usah saya kasih tahu y 'dulu' itu tahun berapa. Ntar ketahuan tuanya saya. Xixixi..)

Sejujurnya pas pertama kali ke Utees.me, saya belum tahu mau desain apa. Ide-ide desain custom T-Shirt jaman dulu sudah terlupakan. Meski begitu, saya tetap register dan klik "Design Your Own". Ternyata Online T-Shirt Creator ini memiliki fitur template seperti  Popular, Quotes, Family, Birthday, Bachelor, dan Couple.

Couple? Aha! Saya jadi dapat ide. Kebetulan saya dan suami belum punya T-Shirt Couple. Padahal kan tampil serasi dengan pasangan penting banget. Sekaligus bisa menunjukkan ke orang-orang bahwa kami saling memiliki *eeeaaa

Coba-coba memodifikasi dari template yang ada di Utees.me, ini hasilnya:

Untung tanggalnya sedikit cantik. Heuheu..

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHH

Saya pikir desain custom T-Shirt yang cuma kata-kata aja bakal lebih gampang daripada ngegambar. Ternyata perlu mikir keras juga ya. Hehehe..

Bertapa lagi mikirin ide kaos, tiba-tiba keingetan gombalan suami yang terbaru:




Pasangan kita, bagaimanapun dia, adalah hadiah dari Allah yang menurut-Nya adalah orang terbaik untuk mendampingi kita. So, jangan liat orang lain. Jangan lirik kanan kiri. Syukuri ia yang kini berada di samping kita :)


Alhamdulillah..


Kalau kamu bisa desain, bisa juga langsung upload gambar dalam format PNG dan JPEG. Kalau ga bisa desain kayak saya, pake template dan aneka images di Utees.me seru juga kok! Variasinya banyak dan kita bebas berkreasi tanpa batas.Webnya juga user-friendly jadi dijamin ga akan bingung saat mendesain. So, design your own T-Shirt!

Kalau saya sih, cukup dengan template dan kata-kata kreatif aja deh.

Udah bikin desain dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, saya jadi pengen bikin yang bahasa Sunda. Berhubung bahasa Sunda saya pas-pasan, saya ajak suami untuk ngedesain di Utees.me. Dia lalu membuat ini:
 
Edisi #ReboNyunda


Huaa yng itu sih harus private. Kan ga lucu kalau ada orang lain yang print T-Shirt dengan desain itu ><

Oh ya, setelah selesai mendesain, ada dua cara penyimpanan yaitu "Save As Private" kalau desain itu cuma buat diri sendiri, atau "Save and Publish" kalau kita memperbolehkan orang lain untuk print kaos dengan design yang sudah kita buat. Kita akan dapat royalti loh, sebesar $ 1,11 kalau ada yang print kaos dengan desain kita. Asik kan? Buat yang hobi design kaos, Utees.me bisa jadi wadah untuk mendapatkan passive income nih.

Desain udah, save udah, sekarang tinggal print. Caranya mudah. Pilih desain yang mau kita print, pilih Fit & Size (ukuran), warna, dan jumlah, lalu klik "Add to chart". Isi data untuk pengiriman, lalu lakukan pembayaran sebesar Rp. 144.000,- (untuk desain 1 sisi). Free ongkir seluruh Indonesia loh! 

Kalau sudah, tinggal duduk manis. Utees.me akan mencetak desain kita di atas kaos berbahan 100% katun yang nyaman dan mengirim kaos kita ke alamat :)

Eh tapi, saya mau print yang mana ya? Kebanyakan desain jadi bingung deh. Hahaha..

Ada ide mending saya print kaos dengan desain yang mana?
Silakan vote di kolom komentar ya ^^

10 komentar:

  1. Balasan
    1. iya, yang sunda itu cuma kami yang boleh make. yang laen ga boleh. heuheu

      Hapus
  2. good luck yaa mba...

    salam kenal :)

    BalasHapus
  3. asiknya di utees.me bisa bebas mendesign, ya :)

    BalasHapus
  4. Desain nya bisa dibuat untuk Kaos lengan panjang juga ya mbak..? Saya suka yg bahasa Sunda hihihi ^^

    www.limaura.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sementara ini lengan pendek. denger-denger sih, nanti akan ada juga yang lengan panjang :)

      Hapus