Minggu, 23 Juli 2017

Blogwalking to LendyAgasshi.com

Namanya unik, Lendy Agasshi. Blogger yang tinggal di Bandung ini biasa menulis di http://www.lendyagasshi.com. Dalam blognya, ibu dari 2 anak perempuan ini  mendeskripsikan diri sebagai pecinta buku dan drama Korea :D


Tampilan blog http://www.lendyagasshi.com


Saat melihat-lihat bagian Label di sidebar kanan blognya, saya langsung tertarik dengan Institut Ibu Profesional. Ternyata Mbak Lendy belajar dan sharing ilmu yang ia dapat di blognya ini. Wuih, langsung lah saya kepoin postingan-postingannya karena saya ingin tahu bagaimanakah ibu yang profesional itu.

Salah satu postingan yang saya simak dan membuat saya berpikir adalah tentang Membangun Peradaban dari Dalam Rumah (10 November 2016). Dari postingan ini, saya baru mengetahui bahwa Allah menciptakan kita, pasangan kita, dan anak-anak kita untuk menjadi keluarga dengan misi yang spesifik.

Untuk yang sudah menikah, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab seperti..
apa keunikan positif yang kita miliki? Mengapa Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Sampai kita berjodoh dengan laki-laki yang sekarang menjadi suami kita? Apa pesan rahasia Allah terhadap diri kita di muka bumi ini?

lihat anak-anak kita, mereka anak-anak luar biasa. Mengapa rahim kita yang dipilih untuk tempat bertumbuhnya janin anak-anak hebat yang sekarang ada bersama kita? Mengapa kita yang dipercaya untuk menerima amanah anak-anak ini? Punya misi spesifik apa Allah kepada keluarga kita, sehingga menghadirkan anak-anak ini di dalam rumah kita?

- lihat lingkungan dimana kita hidup saat ini. Mengapa kita bisa bertahan hidup dengan kondisi alam dimana tempat kita tinggal saat ini? Mengapa Allah menempatkan keluarga kita disini? Mengapa keluarga kita didekatkan dengan komunitas-komunitas yang berada di sekeliling kita saat ini?

Beuh, berat ya pertanyaannya. Tapi masuk akal sih. Allah tidak pernah 'sembarangan' soal hidup kita. Ia sudah merancang sesempurna mungkin apa yang terbaik untuk kita, termasuk tentang dimana kita Ia tempatkan dan apa peran kita di bumi. Tugas kita mencari tahu apa bagaimana agar bermanfaat bagi lingkungan dan memberikan kontribusi.

Ternyata ada tugasnya juga lho. Untuk yang sudah menikah, ada tugas membuat surat cinta untuk suami *ehem*, menulis potensi anak-anak, dan dengan melihat potensi diri, kita harus bisa membaca kehendak Allah mengapa kita dihadirkan dalam keluarga ini. Hemm.. *merenung

Materi yang tak kalah jleb bagi saya adalah Ibu Manager Handal Keluarga (24 November 2016). Saya sadar sih selama ini masih belum menjalankan peran ibu dengan profesional. Masih sekedarnya saja. Saya masih merasa cukup dengan membersamai Kakang (2y9m) 24 jam sehari x 7 hari seminggu. Padahal peran ibu lebih kompleks daripada mengurus anak, bukan?

Seorang ibu yang baik harus terus belajar tentang manajemen rumah tangga (yang pastinya tak akan ada di sekolah formal) yang membuatnya jadi manajer keuangan, manajer gizi, hingga manajer pendidikan anak.

Profesionalitas ibu harus tampak dari kesungguhan ibu me-manage waktunya untuk mengurus berbagai hal. Ini masih jadi PR besar untuk saya pribadi.

Kalau mau baca blogpost dengan tema yang lebih ringan ada juga. Saya suka tulisan reviewnya seperti Mengukir Kebersamaan di Skylight Grill and Bar (17 Agustus 2016) atau review drama Korea Marriage Contract (24 April 2017).

Oh ya ternyata Mbak Lendy juga punya beberapa blog lain seperti http://bacaan-lendyagasshi.blogspot.co.id, http://catatan-kajianlendyagasshi.blogspot.co.id dan https://lendyagasshi.wordpress.com. Banyak ya :D

Semoga Mbak Lendy terus konsisten ngeblog dan berbagi banyak ilmu. Terutama dengan adanya sharing materi dari Institut Ibu Profesional, menjadi media agar banyak ibu bisa menjalankan perannya dengan lebih baik. Insya Allah, Aamiiin..




1 komentar: