Sabtu, 28 Juli 2018

Kalimat-Kalimat Positif Untuk Anak


Saya kenal seorang ayah yang sepertinya nyaris tidak pernah mengatakan kalimat-kalimat positif untuk anak-anaknya. Yang ia katakan hanya suruhan, teguran, dan omelan. Saya perhatikan, anak-anaknya tumbuh seolah tidak punya motivasi untuk jadi seseorang yang bisa dibanggakan. Lebih buruk lagi, malah bikin malu keluarga.

Cukup dimengerti sih. Mungkin sang anak berpikir,
“Ah ngapain aku berprestasi, toh ga akan dianggap juga.”
“Biarin aja saya gini, paling juga dimarahin. Udah biasa.”
“Kenapa aku harus nurut? Toh apa yang kulakukan juga ga pernah dihargai.”
And so on.

Miris ya. Padahal berkata positif pada anak sebenarnya bukan hal yang sulit. Pujian, misalnya. Saya pribadi berusaha untuk selalu memberikan pujian untuk Kakang untuk setiap hal baik yang dia lakukan. Dengan harapan, ia mengerti dan termotivasi untuk melakukan hal baik itu lagi.


Ini beberapa kalimat positif yang pernah saya katakan pada Kakang

TERIMA KASIH
1.       Terimakasih ya Kakang tadi mau diperiksa sama dokter dan ga nangis. Umi bangga sama Kakang..
2.       Terimakasih ya Kakang mau dikeramas dan ga nangis. Gitu dong, itu baru benaar

MAAF
1.       Maaf ya tadi Umi pergi sebentar. Kakang ga nangis kan?
2.       Maaf ya tadi Umi numpahin minum Kakang. Umi ga sengaja..
3.       Maaf ya tadi Umi marahin Kakang. Harusnya kan gak boleh ya?

PENGERTIAN
1.       Iya Umi ngerti, Kakang ga suka ya dikasih obat? Kakang marah? Ya udah gpp kalau mau nangis. Umi ga akan marahin Kakang. Umi sayang sama Kakang..
2.       Kalau ga mau juga gpp kok..
3.       Ya udah, Umi ga akan memaksa..


LET HIM DECIDE
1.       Oh, Kakang maunya seperti ini? Boleh.. /ide bagus!
2.       Mau makan sama apa?
3.       Mau menggambar/mewarnai/menulis?

BANGGA
1.       Wah, Kakang keren ih bisa makan sendiri!
2.       Umi senang deh Kakang mau belajar
3.       Gitu dong, itu baru anaknya Umi ^^

CINTA
1.       Umi amat sangat sayang sekali sama Kakang. Paaaaling sayang. Pokoknya sayang Umi ke Kakang itu juara satu!
2.       Umi senang ada Kakang. Kalau Kakang ga ada, Umi ciumin siapa dong?
3.       Umi maafin Kakang. Tapi nanti gak boleh ngamuk kayak gitu lagi ya..

SUPPORT
1.       Umi tahu Kakang bisa
2.       Ga usah takut, Umi temenin
3.       Sini Umi bantu
4.       Gpp, kan Kakang masih belajar. Nanti juga lama-lama bisa.


See?
Ga ada yang rumit kan. Kalau kita bisa mengucapkan kalimat positif pada teman, maka anak juga berhak dapat perlakuan yang sama.
Anak harus merasa dicintai, dihargai, didengarkan, dimengerti, dan dianggap penting.



So, apa saja kalimat positif yang sudah Bunda ucapkan pada anak hari ini? J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar